Selesaikan Masalahnya Jangan Selesaikan Hubungannya

Dalam interaksi kita, baik di dunia nyata maupun di dunia maya seringkali terjadi hal yang memuakkan, kadang yang kita kenal manis tampil sadis, pun sebaliknya, kadang orang terli

Dalam interaksi di sosial media ada satu sifat yang harus dibuang jauh yaitu baper, atau terlalu bawa perasaan dalam merespon dinamika yang berkembang, jika baper sudah merajai diri dalam bersosial media, maka biasanya akan terjadi saling lempar komentar yang tidak layak bahkan unfriend, blokir atau report as spam terjadi.

Tindakan unfriend dan blokir adalah tindakan keras dalam bersosial media, itu artinya memutuskan hubungan jika ditarik ke dunia nyata. Karena jika pun kita merasa terganggu dengan postingan teman di sosial media seperti facebook, maka ada fasilitas unfollow, dengan begitu stop seeing posts but stay friends. Dengan unfollow teman di facebook, yang diunfollow tidak tersinggung karena mereka tidak tahu bahwa mereka lagi diunfollow, berbeda jika unfriend.

Tentunya istilah unfollow berbeda jika ditarik ke twitterland, karena unfollow di twitter adalah unfriend di facebook. Di twitter bisa dipilih menu "mute" untuk akun yang tidak kita sukai dan tidak ingin kita lihat twittnya tanpa harus memutuskan pertemanan.

Namun dengan unfollow, unfriend atau apalah yang disiapkan oleh sosial media untuk kita, itu kemungkinan besar tidak menyelesaikan masalah malah akan menambah runyam hubungan di dunia nyata.

Maka dalam ukhuwah, jika kita punya masalah dengan saudara, selesaikan masalahnya jangan selesaikan hubungannya. Itu saja!

Sosial mediamu boleh panas, tapi hatimu jangan!

Comments