TERBARU

recentposts

Ukhuwah

[ukhuwah][twocolumns]

Resensi Film

[Resensi Film][twocolumns]

BUMI AZHAR

[bumi azhar][twocolumns]

Opini

[opini][bsummary]

Rahasia Dibalik Tanggal Lahir 31 Desember

Beberapa tahun yang lalu saya pernah tersenyum-senyum sendiri saat memandangi selembar kartu keluarga, disitu tertera tanggal lahir bapak dan ibu sama, 31 Desember, hanya tahunnya yang berbeda. Dalam hati saya mengatakan jodoh! Sempurna! So sweet!

Namun sweet itu berubah iba ketika sayup-sayup saya mendengar apa rahasia di balik tanggal lahir 31 Desember, kebanyakan tanggal itu dipilih untuk orang yang tidak tahu tanggal lahirnya, yang hanya tahu tahun lahirnya saja. Hal itu saya ketahui ketika mengurus KTP di kantor catatan sipil di Sinjai Utara. Saat itu seorang warga tidak tahu tanggal lahir anaknya, hanya tahu tahunnya, maka operator saat itu mengatakan "Karena kita lupa tanggal lahirnya, jadi saat ini dicatat anakta lahir 31 desember," katanya diaminkan oleh orang tua sang anak.

Saya ingin buktikan apakah benar bapak dan ibu memang lahir tanggal 31 Desember ataukah mereka adalah orang-orang yang "diselamatkan" di Catatan Sipil, diberi tanggal lahir baru. Dan ternyata jawabannya "31 Desember kah? Nda kutau tanggal lahirku," kata ibu, ternyata tanggal lahir mereka adalah produk Capil.

Bagi orang tua tidak ada masalah dengan tanggal lahir, toh mereka tidak pernah mengadakan ulang tahun atau hal sakral sesuai tanggal lahir, 31 desember itu sudah cukup bagi mereka. Tanggal 31 Desember sudah tercetak manis di KK, KTP dan buku nikah.

Dan selanjutnya, ketika keponakan saya dimasukkan ke dalam Kartu Keluarga Bapak dan Ibu, tanggal lahirnya juga 31 Desember.

Dan hari ini, saya mendapat notifikasi facebook, ada 43 orang teman yang ulang tahun, 31 Desember, dan saya curiga bahwa tanggal lahir mereka adalah hadiah dari Capil juga, salah satu orangnya adalah tante saya, saudara bapak dan sepupu saya. Sepupu sepertinya sangat yakin bahwa dia lahir 31 Desember, mungkin setelah dia tahu kebenarannya, dia akan pingsan.

Tapi tidak semua orang yang tercatat lahir 31 Desember adalah produk Capil yah!

No comments: