TERBARU

recentposts

Ukhuwah

[ukhuwah][twocolumns]

Resensi Film

[Resensi Film][twocolumns]

BUMI AZHAR

[bumi azhar][twocolumns]

Opini

[opini][bsummary]

Muhammad: Lelaki Berparas Bagai Purnama

Sumber foto: www.freeislamiccalligrphy.com
Selain memiliki pekerti yang mulia, lelaki itu juga memiliki fisik yang menarik, tidak tambun dan tidak pula kurus, tidak terlalu tinggi pun tidak pendek. Semua berpadu dengan indah, antara iman yang kokoh, fisik yang bugar dan wawasan yang luas. Yah semuanya ada pada diri Muhammad, Rasulullah.

Sebagai pengikutnya, kita layaknya mengetahui lebih detail tentang Rasulullah, dia adalah idola terbaik, ibaratnya jika kau mengidolakan seseorang maka kau akan mencari tahu banyak hak tentangnya, makanan kesukaannya, hobby nya, kebiasaannya, apapun tentangnya. Maka kali ini saya akan sharing tentang ciri fisik manasia super keren itu. 

Kepala Besar

Sebuah hadits yang diriwayatkan Thabrani memberitakan bahwa Rasulullah memiliki kepala yang besar, hal tersebut dikuatkan oleh hadits riwayat Abu Ya'la bahwa Ali bin Abi Thalib mengungkapkan sifat fisik Nabi dengan berkata, "Beliau itu kepalanya besar"

Kening Lebar

Masih hadits dari Tahbrani bahwa kening beliau itu lebar, hal tersebut diriwayatkan dari Hasan bin Ali. "Rasulullah mempunyai kening yang lebar," (HR. Thabrani, Baiqahi, Tirmidzi)

Alis Panjang Sempurna

Cucu Rasulullah, Hasan bin Ali bin Abi Thalib meneruskan penjelasannya tentang fisik Rasulullah, tentang alisnya, bahwa Rasulullah memiliki alis yang panjang, sempurna tanpa menyatu kedua ujungnya. Diantara keduanya terdapat otot yang terlihat ketika darah berkumpul. 

Matanya Menarik

"Rasulullah memiliki dua bola mata yang hitam, alisnya memanjang sempurna tanpa menyatu, sedangkan bulu matanya panjang lentik" (HR. Thabrani)

Sedang Jabir bin Samurah mengatakan, " Kedua putih mata Rasulullah yang paling menarik," (HR. Muslim, Ahmad, Al Baihaqi), Jabir juga mengungkapkan bahwa setiap kali dirinya melihat muka Rasulullah, tampak matanya bercelak padahal beliau tidak memakai celak.

Pipi Halus

"Rasulullah memiliki dua pipi yang halus dan lembut" (HR. Thabrani dan Az-Zabidi)

Hidung Mancung

Diriwayatkan dari Hindi bin Abi Halah, "Rasulullah itu berhidung mancung dan bercahaya, orang yang tidak mengetahuinya menganggap tulang hidung beliau panjang sampai ujung hidung" (HR. Thabrani dan Ibnu Katsir)

Mulut dan Gigi

Bentuk mulut Rasulullah itu lebar, hal itu diungkapkan dalam hadits Muslim dan Ahmad dari Jabir bin Samurah. Dikuatkan hadits dari Haitsaimi dan Ibnu Katsir, "Rasulullah memiliki mulut yang besar dan giginya rapi,".

Ibnu Abbas menceritakan bahwa Rasulullah memiliki gigi seri yang rata, sedang Abu Hurairah mengabarkan Rasulullah memiliki gigi depan yang bagus.

Selain memiliki mulut dan gigi yang bagus, ternyata aroma mulut beliau juga wangi, seperti penuturan Anas bin Malik,"Saya menemani Rasulullah selama sepuluh tahun, selama itu, saya selalu menghirup nafasnya yang wangi, tidak ada orang lain yang aroma mulutnya sewangi aroma mulut beliau," (HR. Ibnu Mas'ud, Ahmad dan Baihaqi)

Janggut Lebat

Dari semua riwayat yang ada menuturkan bahwa janggut Rasulullah lebat, seperti penuturan Ali bin Abi Thalib, Hasan bin Ali dan Ummu Ma'bad bahwa Rasulullah memiliki janggut yang lebat. Tidak dijelaskan tentang kumis beliau, karena Rasulullah memerintahkan ummatnya untuk mencukur kumis.

Wajah Bulat Bagai Purnama

Setelah menjelaskan tentang alis, mata, bulu mata dan sebagainya bisa dibayangkan begitu gantengnya Muhammad, Ali bin Abi Thalib mengabarkan bahwa wajah Rasulullah itu berbentuk bulat, Sedang Hindi bin Abi Halah menjelaskan bahwa wajah Rasulullah bercahaya bagaikan sinar bulan. 
Menurut Ummu Ma'bad bahwa wajah Rasulullah selalu nampak ceria dan bercahaya.

Rambut Bagai Batu Pasir

Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah berambut ikal, tidak terurai dan tidak pula keriting.

Sedang Aisyah berkata Rambut Rasulullah lebat di bagian ubun-ubun dan panjangnya tidak melewati telinga. Aisyah juga menambahkan bahwa ketika Rasulullah menyisir rambutnya, rambut beliau terlihat seperti batu pasir (lebat dan rapi).

Leher Jenjang

Semua riwayat tentang leher beliau berpendapat bahwa leher Rasulullah jenjang.

Sebagaimana yang diriwayatkan Hasan bin Ali dari pamannya bahwa "Leher Rasululllah itu jenjang dan terlihat membentuk dalam putihnya perak," (HR. Baihaqi).

Jarak antara kedua bahu

Jarak antara kedua bahu beliailu berjauhan, itu berarti Rasulullah memiliki dada yang lebar, sebagaimana hadits Bukhari dan Muslim dari penuturan Al Bara' bin Azib, "Jarak antara kedua bahu Rasulullah berjauhan,"

Hindi bin Abi Halah juga menceritakan bahwa Rasulullah berdada lebar, antara perut dan dadanya berukuran sama.

Perut Bagai Gulungan Kertas

Ehm... Ini penting bagi laki-laki prenagen (Perut Kedepan Sedikit), ternyata Rasulullah perutnya tidak buncit. Ummu Ma'bad menceritakan bahwa, besarnya perut beliau tidak menjadikannya merasa lelah.

Ummu Hani menceritakan bahwa "Saya tidak melihat bentuk perut Rasulullah kecuali saya ingat lipatan kertas yang digulung antara satu dengan yang lainnya," (HR. Thabrani)

Pusar Berbulu

Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah memiliki pusar yang berbulu. (HR. Al-Maqdisi)

Sedang lebih rinci Hasan bin Ali meceritakan dari pamannya Hindi bin Abi Halah bahwa "Rasulullah itu badannya bercahaya, bulu-bulunya lembut dan menyambung dari bagian atas dada sampai pusar, bulu-bulu itu merangkai bagaikan benang, sedangkan di bagian puting dan perutnya bulu-bulu itu tidak tumbuh, adapun di bagian lengan, pundak dan bagian atas dada, bulu tersebut tampak banyak," (HR. Al-Haitsamy)

Jemari Panjang

Ali bin Abi Thalib menceritakan bahwa Rasulullah memiliki jari jemari tangan dan kaki yang tebal dan lentik memanjang. (HR. Ahmad)

Telapak Tangan Tebal

Ali juga menceritakan bahwa Rasulullah memiliki telapak tangan yang tebal. (HR. Ahmad).

Betis Halus

Jabir bin Sumarah menuturkan bahwa betis Rasulullah itu halus. (HR. Tirmidzi dan Baihaqi).

Tumit Tipis

Masih dari Jabir bin Sumarah, bahwa tumit Rasulullah itu tipis. (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi).

Telapak Kaki Tebal

Ali menceritakan bahwa telapak tangan dan kaki Rasulullah tebal. (HR. Ibnu Sa'ad)

Ukuran Tinggi Badan

Anas bin Malik berkata Rasulullah adalah orang yang berperawakan sedang, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu pendek. (HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

Warna Kulit

Ali bin Abi Thalib menceritakan bahwa warna kulit Rasulullah putih kemerah-merahan. (HR. Ibnu Hibban), Anas bin Malik menambahkan informasi bahwa warna kulit Rasulullah yang paling bagus. (HR. Thabrani dan Ibnu Katsir)

Tentang Paras Wajah Rasulullah

Abu Hurairah menceritakan, "Saya belum pernah melihat paras setampan wajah Rasulullah, seolah-olah cahaya mentari berjalan menyusuri wajahnya." (HR. Ibnu Hibban)

Jabir bin Sumarah bercerita, "Saya ketika itu melihat Nabi berpakaian merah, kemudian saya membandingkannya dengan melihat bulan, ternyata dalam pengamatan saya, beliau lebih indah daripada bulan." (HR. Abu Ya'la dan Baihaqi)

Aisyah, istri Rasulullah bercerita, "Rasulullah adalah orang yang wajahnya paling tampan dan kulitnya paling bercahaya diantara yang lain." (HR. Baihaqi)

Sedangkan Abu Bakar menuturkan, "Wajah Rasulullah bagaikan bulatnya rembulan." (HR. Al Mizzi)

Itulah tadi ciri fisik manusia agung, bahwa betapapun fisik yang bagus adalah salah satu penopang penting bagi seorang pemimpin. 

No comments: