TERBARU

recentposts

Ukhuwah

[ukhuwah][twocolumns]

Resensi Film

[Resensi Film][twocolumns]

BUMI AZHAR

[bumi azhar][twocolumns]

Opini

[opini][bsummary]

Assalamualaikum Beijing Recomended Bagi Yang Susah Move On

Entah sesakit apa yang menghujam perasaan Asma ketika pernikahannya dibatalkan sepihak oleh calon suaminya menjelang hari pernikahan, undangan yang sudah dicetak harus berakhir di tempat sampah. Rangkaian cerita manis tentang masa depan yang telah direncanakan hancur berkeping, terlebih lagi penyebab kekacauan ini adalah pengkhianatan, calon suami tidak bisa menjaga kesetiaan dan permainan haram itu membuahkan janin. karena merasa ingin bertanggung jawab atas perbuatannya, Dewa (calon suami) memilih Anita yang telah dihamilinya walaupun tanpa setitik cinta, dan dia meninggalkan Asma wanita yang sangat dicintainya. Satu konsep jodoh dalam Al quran telah berlaku, pezina laki-laki untuk pezina perempuan.

Move on adalah salah satu pesan penting yang dibawa oleh film Assalamualaikum Beijing, film yang diangkat dari novel karya Asma Nadia dengan judul yang sama. Asmara membawa sakit hatinya, kejadian itu membuatnya enggan membuka hatinya kepada lelaki, cukup sudah penghianatan dari lelaki yang sangat dipercayainya, Asma muak dengan gombalan. Wanita itu terpuruk dalam duka namun ia harus bangkit, Asma membuka mata bahwa lelaki yang tidak bisa menjaga kesetiaan tidak pantas untuk ditangisi. Demi melupakan sakitnya, Asma menerima tawaran untuk menjadi penulis kolom di salah satu surat kabar Indonesia yang membuka perwakilan di Beijing. Dan teka teki tentang jodoh pun mulai bergulir. 

.....
"Cinta itu menjaga, tergesa itu nafsu belaka" pesan Asma kepada mantannya ketika sang mantan ngotot untuk diberi kesempatan memulai kembali kisah cintanya yang telah dia khianati, Dewa akan menceraikan Anita dan kembali kepada Asma, itulah cinta yang didamba Dewa, berbahagia bersama Asma sepanjang hidupnya. Cinta ataukah nafsu?

Itu teruji ketika Asma divonis terkena stroke, Dewa mundur dan kembali memilih Anita, yah cinta tidak hanya senang bersama, namun susah senang haruslah bersama.

Sedang lelaki china yang memilih menjadi muallaf itu tetap teguh untuk menikahi Asma yang penyakitan, baginya tidak perlu fisik yang sempurna untuk kisah cinta yang sempurna, satu alasan Zhongwen untuk menikahi Asma, ialah iman. Lewat perantaraan Asma, hidayah itu datang.

Tidak hanya bercerita tentang polemik asmara antara Asma, Dewa dan lelaki China yang bernama Zhongwen, namun film sarat makna ini juga memaparkan tentang Islam di negeri tirai bambu, seperti sejarah masuknya Islam di China juga tentang adat dan budaya di negeri Laksama Chengho itu. 

Film assalamualaikum Beijing layak untuk ditonton, film penuh edukasi dan pesan moral yang kuat. Ketika menjamurnya film bernuansa asmara minim pesan moral, Assalamualaikum Beijing hadir sebagai penawar, film Percintaan dengan setting nuansa islami membuat film ini sangat romantis. Romantis yang santun. 

Sarat makna tidak membuat film ini menggurui penonton namun disampaikan secara ringan tapi ngena di hati. Seperti ketika Desta nyeletuk,  "Pilih yang seiman, bisa repot nanti" atau "yang terpenting itu iman, soal romantis entar nyusul belakangan,".

No comments: