Ini Keningku, Mana Keningmu?

Kawan, menurutmu bekas sujud di wajah itu seperti apa? Apakah tanda hitam di kening? Saya jadi senyum-senyum sendiri ketika mengingat sepotong episode masa kecilku.

Dulu sekali, sekitar 17 tahun yang lalu saat saya masih anak-anak polos dan super imut. Waktu itu, kami adalah anak-anak baik dan lucu, rajin mengaji dan menabung. 

Waktu itu di desa kami yang asri dan damai ada yang lagi ngetrend, yaitu ingin membuat tanda hitam di kening, katanya sih itu tanda atau bekas sujud. Siapa yang hitam keningnya dia orang sholeh, begitulah penafsiran anak-anak manis seperti kami waktu itu.

Trend itu muncul karena melihat kebanyakan penduduk desa kami itu keningnya hitam, ada yang hitam samar-samar adapula hitam mengkilat, tidak hanya ustad tapi juga para petaninya. Bagi kami, kening hitam itu tanda kesholehan, maka demi tanda hitam di kening kami mencoba berbagai cara.

Sebut saja temanku si A, ketika sholat dia menggosok-gosokkan keningnya di lantai mesjid, metode itu tidak membuahkan hasil, malah keningnya jadi licin seperti habis diamplas. Yang parah si B, demi mendapatkan "bekas sujud" di kening dia rela menggosokkan jambu monyet di keningnya, bukannya hitam tapi terkelupas. Karena luka, si B jadi jarang sujud, shalat jadi menyakitkan boy! 

Saya mengikuti langkah si A, dan sujudku menjadi sujud terlama, imam sudah berdiri saya masih sibuk sujud dan sambil menggosokkan kening di lantai. Caranya, ketika sujud kepala ditekan kuat-kuat dilantai, terus gerakkan ke kiri dan ke kanan. Memakai cara ini ada juga sih yang berhasil tapi seingatku cuma satu orang, dan saat itu dia jadi idola karena masih kecil jidatnya sudah hitam.

Tentang jambu monyet yang digosokkan di kening itu untuk anak yang rajin ke mesjid, nah anak-anak badung di zaman kami mereka menggosokkan jambu monyet di dadanya dengan tulisan 212, ingin mencontohi Wiro Sableng. Adapula yang membentuk kapak naga geni 212. 

Ah itu tentang "bekas sujud" versiku 17 tahun yang lalu, sekarang umurku sudah 25 tahun tentunya cara berpikir juga sudah dewasa. Uhuk uhuk! Saya membaca berbagai literatur tentang Nabi Muhammad dan saya tidak mendapati bahwa di kening Rasulullah itu ada tanda hitam karena bekas sujud. Dalam riwayat dijelaskan tentang kening Rasulullah bahwa kening beliau lebar. Tidak disebutkan ada warna hitamnya.

Nah lalu apa yang dimaksud Allah dalam Al-quran tentang bekas sujud itu? Saya kutipkan terjemahan ayatnya yah!

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu Lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud” (QS al Fath:29)

Menurut Ibnu Abbas bahwa bekas sujud yang dimaksud adalah perilaku yang baik. Banyak orang yang sholatnya sempurna tidak ada yang bolong tapi perilakunya masih minus, tentu dia tidak mendapatkan bekas sujudnya. 

Jadi menurut saya bekas sujud adalah ketika sholat kita sempurna dan orang lain merasakan perilaku baik kita, mereka nyaman dan betah bersama kita karena kebaikan dan keluhuran budi yang kita tebarkan. Bekas sujud tergambar dari kelembutan, senyuman, menundukkan pandangan mata, membasahi bibir dengan zikrullah, sikap kasih sayang kepada anak yatim, fakir, dan miskin. Wajahnya enak dipandang walaupun tidak ganteng atau cantik, setiap kali melihatnya ada keteduhan dan kenyamanan. Itulah bekas-bekas sujud kita.

Tapi bukan berarti yang keningnya hitam itu karena mengikuti metode si A dan si B tadi yah! Saya kira kulit kita berbeda-beda, ada yang kulitnya tebal adapula yang tipis. Tempat sujud kita juga berbeda, ada yang sujud di sajadah yang lembut adapula di lantai yang kasar, tentu efeknya beda kan?

Mau keningnya hitam atau tidak, yang jelasnya shalatnya tidak bolong dan akhlaknya baik. 

Ini keningku, mana keningmu?

Comments

  1. Hahahahahahahha ngakak! Keningmu mana? Hahahhaha

    ReplyDelete
  2. lukman01:16

    Masa kecil yang suram! :-p

    ReplyDelete
  3. azizah03:29

    Suka gaya tulisannya, ringan tapi penuh pelajaran. Majuki' bro! Hehe

    ReplyDelete
  4. Heheheheheh,,,, keren

    ReplyDelete
  5. Anonymous07:27

    Ah keningmu datar... Kwkwkwkw

    ReplyDelete
  6. Anonymous23:52

    Ini gigiku, hehehehe... :-d

    ReplyDelete

Post a Comment