Pesona Mesjid Jamek Kuala Lumpur

foto by: Mustain Ruddin

Matahari menyengat ketika kami memasuki kawasan mesjid jamek Kuala Lumpur, pertama melihatnya saya langsung terpesona, arsitektur mesjidnya sangat indah. Bibir saya membulat, itu tandanya saya sedang terkesima, sedangkan teman-temanku yang lain sedang asyik mengambil gambar.

Mesjid Jamek adalah salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur, Masjid penuh sejarah ini dibangun pada 1909, dan merupakan masjid tertua di kota Kuala Lumpur. Masjid ini terletak di pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak, yaitu tempat asal muasal kota Kuala Lumpur. Seni bangunan ini mendapat inspirasi seni bangunan Mogul, dari utara India dan bangunan ini dibuka secara resmi sebagai Masjid Negara pada 1965. 

Halaman mesjid Jamek yang luas di tumbuhi rumput hijau dan aneka bunga-bungaan, menambah kesan indah pada mesjid itu. Tempat sholat perempuan dipisah dengan tempat sholat laki-laki, perempuan shalat di bangunan mesjid yang tertutup sedang laki-laki sholat di ruang terbuka tanpa dinding.

Puluhan turis mondar mandir di kawasan mesjid, untuk memasuki kawasan itu mereka harus berpakaian sopan alias menutup aurat, maka pengelola mesjid menyiapkan baju panjang untuk laki-laki dan perempuan dilengkapi dengan kerudung untuk menutupi rambutnya. Bagi laki-laki yang memakai celana di atas lutut wajib mengenakan jubah, sedang bagi perempuan yang berpakaian terbuka wajib mengenakan baju panjang plus kerudungnya. Pengelola mesjidnya menyambut para turis dengan ramah.

Saya sangat menikmati sholat zuhur dan ashar di Mesjid Jamek, suasana damai menyusup dalam hati, sangat senang melihat orang-orang yang berdatangan untuk sholat di tengah aktivitas jalan-jalan mereka. Tempat ini sangat cocok untuk melepas kepenatan jiwa dan raga, namun tidak diizinkan untuk tidur di mesjid ini. ;-)

Comments