TERBARU

recentposts

Ukhuwah

[ukhuwah][twocolumns]

Resensi Film

[Resensi Film][twocolumns]

BUMI AZHAR

[bumi azhar][twocolumns]

Opini

[opini][bsummary]

Kabar Imanmu di Penghujung Malam?

Malam ini hujan deras mencumbui atap rumah yang menimbulkan suara ribut, angin malam berhembus menelusup lewat jendela yang terbuka. Aku tidak terusik dengan hujan dan angin, mataku terlanjur ingin menikmati mimpi. Entah mimpi apa yang akan disajikan oleh malam.

Sehabis munajat petang, mataku tidak bisa kompromi untuk diajak terjaga, kelelahan yang mendera memaksaku untuk tidur sehabis tilawah magrib. Terakhir yang kudengar sebelum betul-betul tenggelam dalam tidur adalah sapaan hujan di atap rumah dan tiupan angin, setelah itu aku sudah tidak mendengar apa-apa. Bahkan panggilan bilal mesjid pun tak aku dengar.

Dan kau sahabatku, datang dalam mimpi. Dirimu terlihat begitu tegas memimpin banyak pasukan. Dengan suara lantang kau mengarahkan mereka semua, aku tersenyum dari balik tenda kemah para prajurit menyaksikanmu hari itu. Suaramu terus menggema menyisakan kedamaian dalam hati. Tidak ada hujan di mimpi itu, yang ada hanya kicauan burung, pelangi, suasana mujahadah dan kamu.

Mimpi terus berjalan, aku akan meninggalkan kamu untuk suatu keperluan. Saat akan pergi sekilas kulihat dirimu, ada air wudhu yang membasahi wajahmu, air wudhu yang masih segar. Memang tidak ada obrolan satu katapun antara kita dalam mimpi itu, seperti keseharian kita yang memang jarang saling menyapa. Saat aku pergi ternyata itu adalah penghujung malam, dan aku terbangun dari mimpi  tepat jam 23:50.

Yang aku ingat ketika bangun adalah bahwa aku belum menunaikan kewajiban isya ku, dan yang aku rasakan ketika aku bangun adalah rasa rindu yang membuncah kepadamu sobat. Sehabis kutunaikan isya di penghujung malam, kubisikkan do’a untukmu, kutitip pada tuhanku, karena kuyakin dia akan menjagamu, dia penjaga paling sempurna. Apa kabar iman di penghujung malam ini akhy?


No comments: